Halaman

Senin, 09 Februari 2015

Merantau ?

Mendengar kata merantau pasti di benak kalian terbesit keadaan dimana kalian harus pergi keluar daerah kalian, ke tempat antah berantah yang sama sekali kalian ga kenal. Pastinya di benak kalian akan timbul semacam bayangan bahwa merantau berarti harus mandiri, jauh dari orang tua, jauh dari sahabat, membosankan, takut ga kenal siapa - siapa, harus mandiri dalam sosialisasi, dsb dsb dsb... Ya memang bener sih hahaha :D 

Tapi apakah merantau seburuk yang kita bayangkan? Nope! Merantau adalah suatu langkah maju untuk terus belajar memahami perspektif budaya dan sosial wilayah setempat dan juga budaya serta sosial masyarakat pendatang yang mendiami wilayah tersebut. Alasan untuk merantau bisa berbagai macam salah satunya ialah untuk mencari pekerjaan, dapet pekerjaan di wilayah rantauan tersebut, untuk melanjutkan studi, mencari lingkungan baru karena dirasa lingkungan lama tidak kondusif, dan lain sebagainya. Merantau adalah (menurut saya) merupakan salah satu hal yang harus anda lakukan semasa anda hidup. Itu harus dan harus. Merantau tidak mengenal umur, tidak mengenal jenis kelamin. Bisa dilakukan oleh siapapun dan kapanpun kecuali anak tk-sd -_-"

Awalnya memang menyakitkan. Meninggalkan keluarga, meninggalkan sahabat, meninggalkan kampung halaman, dan sebagainya seperti yang gw alami. Ketika gw mendapatkan diri gw lolos masuk Universitas Brawijaya, pada awalnya senang luar biasa. Gw jingkrak - jingkrak kegirangan, hati berbunga - bunga dan selang beberapa menit kemudian gw tiba-tiba terdiam ga tau harus bagaimana lagi ketika gw sadar harus merantau. Pikiran pun berpindah dari yang tadinya kegirangan menuju kemuraman. Kagak bisa gw bayangin pada awalnya harus merantau. Sodara - sodara gw ga pernah punya pengalaman merantau sama sekali kecuali bokap ama nyokap, itupun perantauan bokap dan nyokap gw udah 20 tahun semenjak gw lahir. Jadinya gw menjadi satu-satunya anak yg merantau dari keluarga gw. Bangga iya, murem iya, campur aduk antara harus bangga atau harus sedih atau harus gimana gw ga ngerti. Tapi selama waktu 1/2 bulan sebelum gw berangkat daftar ulang, gw masih mikir - mikir buat ngambil tes masuk PTN di Univ. Udayana. Dan akhirnya gw putuskan kemudian untuk merantau. Well ya, ada banyak alasan kenapa gw jadi milih merantau dan alasan itu ada di diri gw, keluarga dan di lingkungan gw.




















Hmmm, sebelum gw ngasi alesan kenapa gw memilih merantau, terlebih dahulu gw ceritain kondisi keluarga gw. Ini keluarga lain dari pada yang lain. Bukan maksud gw untuk menghina atau mengkritik atau menjelek - jelekkan keluarga gw sendiri, tapi emang begini dan ya gw emang suka frontal di tulisan - tulisan gw. Apa yang coba lu bisa bayangin ketika terjadinya ketidak harmonisan antar anggota keluarga ? Yap, pintu ama barang dibanting, ribut tiap hari, ngomal ngomel, ego, dsb dsb dan itu yang terjadi di keluarga gw dan masih berlangsung sampai sekarang walaupun dengan intensitas yang tidak sering dan tidak jarang. Hal itu terutama dilakukan sama nyokap dan adek gw. Ego nya udah ga ketulungan dan gw sebagai anak ke-2 mesti ngalah dan gw ga suka ngalah tiap hari. Pernah gw bertengkar hebat ama adek gw, gw lupa sebabnya apa yang jelas waktu itu gw udah putus harapan sama ni keluarga sampe2x gw disuruh keluar supaya adek gw yg macam raksasa berotak segede upil tenang & diem.

Bukan cuman sama gw doang, sama kakak gw juga begitu. Pernah beberapa minggu yang lalu, kakak dan adek gw bertengkar gara2x masalah remote. Kakak gw pengin ganti chanel, adek gw kekeuh pengen di chanel yg satunya ampe2x itu remot dibanting ke tembok ampe pecah luluh lantah bak kapal pecah. Buset dah pikir gw ini ga ada habis2xnya, dan gw sebagai anak ke-2 cuman bisa berharap sama nyokap gw supaya hal kek gini ga terjadi lagi. Harap hanya sekedar harap secara nyokap gw ngediemin tingkah adek gw dan kayaknya udah hopeless juga. Bokap gw apa lagi, ga usah dibilangin dah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar