Halaman

Sabtu, 28 Juni 2014

Mengapa Menulis Puisi itu Susah-Susah Gampang?

Puisi, hmmm.. sebuah seni merangkai kata yang mementingkan unsur keindahan dari diksi yang digunakan oleh penyairnya. Pasti ada dari kalian yang pandai atau kesulitan menulis puisi, atau sekedar suka membaca puisi. Dalam membuat puisi itu ada susahnya ada gampangnya, bahkan bisa susah bagi orang yang sudah pandai membuat puisi sekalipun. Maka dari itu bisa aku katakan kalau menulis puisi itu susah-susah gampang. Mengapa bisa begitu? Mari kujelaskan di paragraf selanjutnya, sekaligus akan aku beri beberapa tips menulis puisi.



Menulis puisi itu susah jika kita tidak ada ide mau membuat puisi tentang apa, atau bahkan sudah punya ide tapi sulit mencurahkan dan mengembangkannya ke dalam sebuah puisi. Jadi bila kita mengalami keadaan ini kita harus mencari ide, mungkin dari hal yang sederhana / merenungkan masa lalu, bisa juga berimajinasi untuk mendapat tema puisi yang akan ditulis. Setelah memikirkan & menemukan tema-nya apa (judul puisi bisa belakangan), pasti hal selanjutnya yang kita lakukan adalah menulis isi puisi, baris demi baris, bait demi bait (kalau ingin menulis puisi yang lebih dari satu bait). Jika masih sulit merangkai kata dengan bahasa yang indah, kita mulai saja dari bahasa yang sederhana dulu tapi tetap mengena, indah, dan puitis (bersifat puisi).

Sedangkan menulis puisi itu gampang jika kita sudah terbiasa menulis beberapa / banyak puisi dan mengembangkan ide dengan mudah saat membuat puisi. Selain itu kita bisa mahir menulis puisi jika sudah sering merangkai kata secara indah lewat tulisan, ibarat seorang pelukis yang melukis dengan indahnya.

Silahkan membaca puisi-puisi di blog ini, tepatnya di label 'puisi'. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi bagi kalian. Sampai jumpa di post selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar